Setiap Anak itu Unik dan punya Kecerdasan masing-masing, Dan inilah Definisi Anak Cerdas versi saya

Assalammualaikum wr.wb.

Hari ini tepat tanggal 23 Juli 2018 yang diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Anak-anak adalah asset berharga bagi keluarga dan bangsa, karena mereka lah yang nantinya akan menjadi generasi penerus kita, yang akan menggantikan kita untuk turut serta membangun bangsa.

Setiap anak memiliki keunikan dan memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Tidak bisa menyamaratakan kemampuan anak yang satu dengan anak yang lainnya. Selama ini, penilaian orangtua atau masyarakat pada umumnya, kecerdasan seorang anak hanya dilihat dari nilai maupun prestasi Akademik saja, sehingga anak-anak yang tidak berprestasi di bidang akademik dianggap tidak cerdas, padahal nih Moms dan Dads kecerdasan anak tidak melulu di bidang akademik saja, mereka pun bisa memiliki kecerdasan di bidang yang lain.

Jadi menurut saya sendiri berdasarkan pengalaman saya menjadi seorang Ibu dari 2 (dua) orang puteri yang masih berumur 5 tahun dan 2,5 tahun, #AnakCerdasItu adalah anak yang memiliki karakter sebagai berikut :

1. Memiliki rasa ingin tahu yang besar, banyak bertanya dan ingin mencoba sesuatu yang baru.

Pernahkah mendapat rentetan pertanyaan dari anak-anak anda??? bahkan seringkali pertanyaan tersebut diulang-ulang beberapa hari kemudian. Ya, saya pun mengalaminya…kadang kita sampai bosan itu-itu lagi yang ditanyakan, tapi biar bagaimanapun kita tetap harus menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka sekalipun pertanyaan yang sulit untuk dijelaskan jawabannya. Karena melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah tanda bahwa rasa ingin tahu anak besar, dan ketika menjawab pertanyaan, mereka pun akan mendapatkan satu ilmu baru yang akan menambah kecerdasan mereka. Jadi, kita jangan bosan atau marah atau kesal yah Moms dan Dads jika mendapatkan rentetan pertanyaan dari anak-anak kita. Tetaplah menjawab dengan semangat agar anak-anak kita merasa senang.

 

2. Memiliki Rasa Percaya Diri.

Banyak anak-anak yang tidak memiliki rasa percaya diri dalam diri mereka. Dan tahukah Moms dan Dads jika kita juga bisa ikut andil dalam ketidakpercayaan diri anak?? lhooo kok bisa??. Contoh kecil aja yah..anak-anak itu memiliki rasa ingin tahu yang besra dan seringkali ingin mencoba dan melibatkan diri dalam kegiatan yang dilakukan orang sekitarnya, ketika anak-anak ingin ikut membantu membuat Kue ketika melihat ibunya membuat kue, jangan pernah melarang dengan alasan “nanti kotor, jadi biar ibu aja yah yang bikin kue” atau “nanti berantakan kalau kamu ikut buat kue, biar mama aja yah supaya cepat” dan alasan lain yang bagi mereka akan dianggap sebuah penolakan dan sedikit demi sedikit akan memupuk rasa kurang percaya diri mereka, karena mereka akan takut melakukan hal-hal yang selalu dilarang oleh orangtua dan akhirnya tidak ada rasa percaya diri ketika melakukan sesuatu kegiatan. Jadi sebagai orantua kita harus mendukung kegiatan yang bisa memuaskan rasa ingin tahu mereka, karena dengan kita mendukung sepanjang kegiatan yang dilakukan adalah positif akan membantu anak mengembang apa yang menjadi minat dan bakatnya. Seperti anak saya, Fina (yang berusia 5 Tahun) saya selalu melibatkan dia di dapur ketika sedang membuat kue donat kesukaannya.

18-05-17-08-40-07-173_deco

 

3. Kreatif dan Imajinatif.

Salah satu ciri-ciri anak yang cerdas adalah mereka kreatif dan imajinatif. Anak yang kreatif akan selalu penuh dengan ide-ide dan selalu punya cerita unik dan menarik berdasarkan imajinasi mereka. Ketika mereka sedang menuangkan kreativitas dan imajinasinya, jangan pernah merendahkan hasil karya dan imajinasi mereka yah…sekalipun kelihatan tidak masuk akal bagi orang dewasa, namun bagi anak-anak itu adalah sesuatu yang luar biasa. Anak pertama saya Fina (saat ini berusia 5 tahun), saat sedang berusia 2,5 tahun, ia menggambar asal coret belum berbentuk, dan ia selalu bercerita mengenai gambar tersebut sesuai imajinasinya sehingga saya mengerti apa yang sedang ia gambar saat itu, lalu saya pun mengapresiasi gambarnya walaupun hanya coret-coret yang terpenting dia sudah berusaha…dan saya selalu support dia untuk menggambar lebih bagus lagi hingga sekarang dia bisa menggambar sendiri dengan jelas, tidak lagi coret-coret.

 

4. Melakukan kebiasaan  Menabung Sejak Dini

Menurut saya pribadi #AnakCerdasItu adalah anak yang melakukan kebiasaan baik sejak dini, salah satunya Menabung. Kedua anak saya Kakak Fina dan Fiya saya biasakan sejak kecil menabung uang di celengan, dengan demikian mereka tahu manfaat menabung dan terbiasa melakukan kebiasaan menabung sejak dini. Manfaat menabung juga bisa menanamkan kesadaran anak akan pentingnya pengelolaan uang. Dan ini  adalah salah satu bentuk kecerdasan anak di bidang finacial :).

 

5. Memiliki Empati terhadap Orang Lain.

Dan yang terakhir menurut saya, anak cerdas itu adalah anak yang memiliki empati terhadap orang lain, karena dengan berempati terhadap orang lain, anak bisa ikut merasakan kondisi yang sedang dirasakan orang itu. Suatu ketika saya memutuskan berhenti bekerja di awal tahun 2017, anak saya Fina membongkar celengannya kemudian sebagian dari uang di celengan ia berikan kepada Mamanya sambil berkata “Ma, ini uang untuk Mama, karena Mama kan sudah tidak bekerja lagi jadi Mama sudah tidak punya uang lagi kan”. Anak seumuran Fina yang saat itu masih berusia 4 tahun ternyata sudah memiliki empati yg besar terhadap mamanya. Dan cerita berikutnya, Adek Fiya sedang sedih karena mainan kesayangannya hilang walaupun sudah dicari tidak ketemu, lalu Kakak Fina menghampiri adek Fiya dan memeluk adik Fiya sambil menenangkan adek Fiya. Ini adalah bentuk empati anak yang peduli dengan keadaan di sekitarnya, dan ini adalah salah satu tanda anak cerdas versi saya.

 

20170819_144627

Itulah kelima tanda-tanda anak cerdas versi saya, Cerdas itu tidak hanya tentang prestasi akademik, tapi setiap anak-anak memiliki kecerdasannya masing-masing dan sebagai orangtua kita harus memberi support kepada anak-anak agar kecerdasannya berkembang sesuai bakat dan minatnya. Salah satu bentuk dukungan saya terhadap perkembangan kecerdasan anak-anak selain memberikan sarana dan prasarana mendukung minat dan bakatnya, saya juga memperhatikan gizi makanan anak-anak, sebisa mungkin makanan atau cemilan anak dimasak sendiri, memberikan anak susu pertumbuhan sesuai usianya dan memberikan vitamin atau suplemen makanan yang mengandung banyak vitamin dan gizi seperti yang dikonsumsi kedua anak saya yaitu Marine Gummy dari Cerebrofort, selain rasanya yang enak seperti permen, dalam Marine Gummy ini mengandung Tuna Fish Oil yang baik untuk otak dan tumbuh kembang anak.

20180723_192610

Demikianlah arti Anak Cerdas versi saya, jadi semua anak itu memiliki kecerdasannya masing-masing dan tugas kita sebagai orangtualah untuk #DukungCerdasnya anak-anak kita agar kecerdasan anak semakin berkembang menjadi Anak-anak yang berprestasi di bidangnya.

Selamat Hari Anak Nasional untuk Kakak Fina, Adek Fiya dan seluruh Anak-anak Indonesia 🙂

Iklan

Bing Beng Bang Yok…Kita ke Bank, Mari Menabung Sejak Usia Dini

20170812_103924

Bing beng bang yuk…kita ke Bank, Bang bing bung yok…kita nabung. Tang ting tung heii…jangan dihitung, tahu-tahu kita nanti dapat untung…

Penggalan lagu anak-anak jaman dulu yang dinyanyikan oleh Titiek Puspa beserta penyanyi anak-anak Saskia dan Geofani masih terngiang-ngiang sampai sekarang. Karena memang liriknya yang sangat eye catching dan lagunya yang easy listening di telinga anak-anak seperti saya saat itu. Ehhh tapi ini bukan mau bahas tentang lagu anak-anak jaman dulu yah…tapi aku kali ini mau bahas tentang Menabung.

 

Menabung adalah Kebiasaan baik bagi Anak-anak

Tahukah kalian jika menabung dari kecil dapat menumbuhkan kebiasaan yang baik bagi anak-anak dan ke depannya nanti??. Kalau dulu saya menabung tidak berkelanjutan, awal pertama kali saya menabung adalah saat SD, di saat saya memiliki keinginan untuk membeli sesuatu baru lah saya menabung dan setelah terkumpul tabungan tersebut dibelikan barang yang saya inginkan, selanjutnya saya tidak lagi menabung dan baru akan menabung lagi jika ada yang ingin saya beli.

Saya baru benar-benar menabung adalah ketika saya bisa mendapatkan uang sendiri alias sudah bekerja. Itupun menabungnya tidak rutin dan isi tabungan cuma seperti numpang lewat aja…karena ada keperluan mendadak atau kebutuhan lainnya, sehingga saya tidak punya tabungan tetap yang memang untuk jangka panjang.

Setelah menikah, semakin banyak kebutuhan yang dibutuhkan, untuk pengeluaran rumah tangga sehari-hari, membangun rumah, terlebih ketika melahirkan anak, banyak sekali keperluan dan kebutuhan anak yang harus dipenuhi. Sejak itulah saya bersama suami memiliki konsep untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, karena kami berdua ingin anak-anak kami mengenal sejak usia dini kebiasaan menabung dan dapat merasakan manfaatnya nanti ketika mereka sudah dewasa.

 

Kapankah waktu yang tepat untuk memperkenalkan anak Menabung?

Lantas, sejak usia berapa saya mengajarkan anak pertama saya menabung? sedini mungkin…saya mengajarkan anak pertama saya mengenal menabung pertama kali saat ia berusia 6 bulan. Apakah tidak terlalu dini untuk diajarkan menabung?? Bagi saya dan suami justru sejak mereka bayi harus sudah diperlihatkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan salah satunya kebiasaan menabung, karena di usia mereka adalah tahap senang memperhatikan dan meniru sesuatu yang baru atau yang sering dilihatnya.

 

Saya masih ingat di Desember 2015 pertama kali membelikan celengan untuk anak pertama saya, Fina (waktu itu usianya 6 bulan) adalah celengan berbentuk Hello Kitty berwarna Pink. Dan reaksi pertama Fina saat itu melihat celengan adalah excited, senang dan tertarik melihat warna dan bentuknya. Kebetulan saat itu sudah melewati Hari Raya Idul Fitri, dan Fina mendapatkan banyak angpau lebaran dari kakek, nenek, om, tante, saudara-saudara dan tetangga. Uang angpau tersebutlah yang saya perlihatkan dan diajarkan ke Fina untuk dimasukkan ke dalam Celengan Hello Kitty Pink tersebut. Pertama kali Fina memperhatikan, kemudian ia saya kasi kesempatan untuk mempraktekkan cara memasukkan uang ke celengan. Itulah awal mula celengan pertama Fina anak pertama saya. Dan setiap ia mendapatkan uang, baik hadiah ulang tahun, angpau lebaran, selalu dimasukkan ke dalam celengan karena yang ada di dalam benak Fina setiap ia menerima uang otomatis selalu ingat dimasukkan ke dalam celengan, dan kebiasaan itu terus dilakukan sampai ia berusia 5 tahun.

 

Kebiasaan menabung yang diajarkan sejak kecil itulah yang ditiru oleh Fina sejak kecil, karena anak-anak adalah peniru yang ulung sehingga sedapat mungkin yang ditiru adalah kebiasaan yang baik salah satunya menabung.

 

 

Memperkenalkan Anak-anak dengan Menabung di Bank

Karena celengan Fina sudah sangat banyak dan tidak ada ruang lagi untuk menyimpan Celengannya, akhirnya pada tahun 2017 kami memutuskan membuka Rekening tabungan Anak di Bank untuk Fina, dan membongkar sebagian celengan Fina untuk disimpan di Rekening Tabungan Fina di Bank, sekaligus kami ingin mengajarkan ke anak cara menabung di Bank. Saat itu usia Kakak Fina adalah 4 tahun, namun dia sudah mengerti jika Bank adalah tempat menyimpan uang tabungan, hal ini dia ketahui ketika menonton salah satu tayangan kartun Upin Ipin yang edisi Menabung di Bank.

 

Beberapa bulan kemudian, giliran adik Fiya yang dibuatkan tabungan Anak di BNI Taplus Anak, karena Celengannya sudah penuh sehingga kami memutuskan untuk membongkar celengan adek Fiya dan menyimpannya di Rekening adik Fiya.

Sama seperti kakaknya, saya mengajak adik Fiya melihat proses menabung di Bank, mulai dari bongkar celengan, merapihkan uangnya sampai pergi ke Bank untuk memasukkan uang hasil bongkar celengannya ke Bank BNI terdekat dari rumah. Adik Fiya meskipun baru berusia 2,5 tahun saat itu tapi dia sangat excited sama seperti kakaknya.

 

Jadi, sekarang Kakak Fina dan adek Fiya sudah mengerti ketika celengannya penuh, maka sudah saatnya untuk disimpan di Bank, bahkan mereka berdua sering mengingatkan saya dan suami untuk segera membongkar celengan yang sudah penuh dan menyimpannya di Bank, sambil menyeletuk “ayo mah, disimpan di Bank supaya tabunganku gak dicuri maling” hahahhaha, ternyata anak kecil juga sudah mengerti jika menabung di Bank akan lebih aman dibanding menabung di celengan rumah.

 

Menabunglah di Bank yang menjadi peserta Penjaminan LPS

Ketika memutuskan untuk membuka Rekening Tabungan Anak, saya survey ke beberapa Bank yang memiliki program tabungan Anak, sampai akhirnya saya memilih Bank BNI karena Taplus Anaknya sangat menarik, tidak ada potongan apapun, ketika Anak sudah besar nanti, Taplus Anaknya bisa berubah menjadi BNI Taplus biasa, jadi tidak perlu bikin tabungan baru setelah dewasa nanti, serta kartu ATM taplus anaknya bisa menggunakan foto Kakak Fina dan Adik Fiya…keren yah :),  dan yang paling penting lagi dalam memilih Bank adalah saya selalu melihat apakah Bank ini merupakan peserta penjaminan LPS atau bukan, caranya saya cukup melakukan pengecekan ketika masuk ke Bank, pada pintu masuknya biasanya ada stiker “Bank Peserta Penjaminan LPS”, itu artinya Bank tersebut dijamin oleh LPS.

BNI Taplus Anak 2

Lalu apa sih gunanya dijamin oleh LPS?? Jadi kalo Bank sudah terdaftar sebagai Bank Peserta Penjaminan LPS, maka seluruh dana nasabah yang tersimpan di Bank tersebut akan dijamin oleh LPS dengan nilai simpanan yang dijamin oleh LPS hingga Rp. 2 Milyar per nasabah per Bank. Jadi nih ga perlu khawatir jika Bank tempat kita menyimpan uang tutup, sepanjang Bank tersebut menjadi peserta Penjaminan LPS maka uang para Nasabah akan diganti oleh LPS…ga perlu khawatir uang kita hilang…hidup kita pun jadi lebih Aman, Tenang dan Pasti karena uang kita dijamin oleh LPS.

BNI KANTOR 3

 

Tips dan Trik Mengajarkan Anak Menabung sejak Dini

Saya mau berbagi Tips dan Trik mengajarkan anak menabung sejak dini :

  • Beli celengan dengan bentuk dan warna yang menarik buat anak-anak, misalnya bentuk tokoh kartun favoritnya atau berbentuk hewan yang lucu dan disukai anak dengan warna yang ceria sehingga menarik anak untuk semangat menabung di celengan.
  • Memberikan contoh setiap Anak mendapatkan uang pemberian dari siapapun, agar segera dimasukkan ke dalam celengan.
  • Jangan membiasakan memberikan uang kepada anak untuk jajan, dan jangan biasakan jajan kepada anak. Kalau saya sendiri tidak pernah mengajarkan anak untuk jajan, saya lebih membiasakan anak makan makanan yang dibuat sendiri di rumah, selain hemat juga terjamin kebersihannya.
  • Membiasakan anak jika ingin membeli sesuatu misalnya mainan dengan cara menabung terlebih dahulu di celengan dan jika sudah cukup celengan bisa dibongkar dan dibelikan barang atau mainan yang diinginkannya.
  • Memperkenalkan kebiasaan menabung sedari dini, dari usia 6 bulan sudah diperkenalkan karena usia dini anak lebih cenderung meniru apa yang dia lihat dan kebiasaan-kebiasaan di rumah. Bisa dicoba menabung pertama kali saat anak-anak mendapatkan uang THR atau pesangon saat Lebaran, kita bisa membelikannya celengan dan mengarahkan mereka untuk memasukkan uang angpau yang mereka dapatkan untuk ditabung ke dalam celengan.
  • Orangtua harus konsisten dan ikut memberikan contoh Menabung kepada anak, agar anak termotivasi juga untuk semangat menabung.
  • Ceritakanlah kepada anak-anak manfaat apa saja yang bisa mereka dapatkan dengan menabung, misalnya dengan menabung bisa membeli mainan yang mereka idamkan, bisa membeli sepatu dan lain-lain yang menarik anak untuk semangat menabung.

Jadi, jangan tunggu nanti-nanti yah…ajarkan anak-anak kita menabung sejak dini agar anak-anak bisa memiliki kebiasaan Menabung sejak kecil dan jika sudah waktunya anak menabung di Bank, pilihlah Bank yang memiliki program tabungan anak serta Bank yang menjadi peserta Penjaminan LPS.

Selamat Menabung 🙂 🙂

 

Danone-AQUA Mengajak Kita untuk #BijakBerplastik

Pernahkah mengunjungi pantai atau pulau atau tempat wisata di Indonesia, kemudian kita menemukan ada begitu banyak sampah terutama sampah plastik di pantai, di laut dan tempat wisata lainnya?? saya sering sekali mengunjungi pantai dan menemukan banyak sampah plastik di pantai atau ketika saya melakukan snorkeling di laut tiba-tiba menemukan sampah plasti di dalam laut…Horor yaaah??? ini adalah fakta yang terjadi di Indonesia. sayang sekali ketika keindahan wisata alam Indonesia harus tercemar oleh sampah, terutama Sampah Plastik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Plastik belum bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari rumah tangga, kantor banyak sekali menggunakan Plastik sehingga sampah plastik menggunung.

 

Peneguhan Komitmen Danone-AQUA untuk mengatasi Sampah Plastik dan Gerakan #BijakBerplastik

Permasalahan sampah plastik di Indonesia juga menjadi perhatian Danone-AQUA, dan Danone-AQUA menyatakan komitmennya untuk memelopori upaya mengatasi sampah plastik dan mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk bergabung dalam Gerakan #BijakBerplastik. Tanggal 05 Juni 2018 yang lalu, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia, Danone-AQUA mengumumkan peneguhan komitmennya untuk memelopori 3 (tiga) komitmen penting dalam mengatasi masalah sampah plastik dan mengundang Pemerintah, Media, Blogger, Akademisi dan Masyarakat untuk menyaksikan peneguhan Komitmen Danone-AQUA tersebut bertempat di Hotel Rafless Kuningan, Jakarta Selatan.

Danone-AQUA mengajak serta Pemerintah, NGO dan Partner-partner Danone-AQUA untuk naik ke panggung dalam peneguhan Komitmen untuk mengatasi Sampah Plastik lewat kampanye #BijakBerplastik.

20180605_155313

Dalam kesempatan kali ini, Danone-AQUA juga menendatangani Perjanjian dengan Veolia, Perusahaan multinasional pengelolaan air dan Limbah terbesar di dunia untuk mewujudkan komitmen Danone-AQUA dalam mengatasi Sampah Plastik dan memuluskan kampanye #BijakBerplastik.

20180605_155607

 

Tiga komitmen Danone-AQUA terkait Sampah Plastik dan Kampanye #BijakBerplastik.

Danone-AQUA memiliki 3 (tiga) komitmen penting dalam mengatasi Sampah Plastik, yaitu :

  1. berkomitmen untuk mengumpulkan sampah plastik lebih banyak dari volume yang digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 2025.
  2. Berkomitmen memimpin kampanye nasional untuj edukasi daur ulang dan menggerakkan program pengetahuan daur ulang di 20 (dua puluh) kota besar di tahun 2020.
  3. Berkomitmen membuat seluruh kemasan plastiknya dapat di daur ulang 100%, dan untuk meningkatkan proporsi plastik daur ulang di botol sebesar 50% pada tahun 2025.

Danone-AQUA memandang bahwa Sampah Plastik di Indonesia sudah menjadi permasalahan yang harus segera diatasi, terlebih jika mengacu pada target yang ditetapkan Pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah plastik ke laut sebesar 70% pada tahun 2025, maka Danone-AQUA menyatakan bahwa permasalahan sampah plastik sudah sangat mendesak dan harus segera memulia aksi serta program nyata untuk menumbuhkan budaya baru di Indonesia, yaitu daur ulang dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Untuk itu, Danone_AQUA akan bekerjasama dengan Mitra dan Konsumen untuk mewujudkan tersebut dengan semangat kolaborasi serta partisipasi aktif melalui sebuah gerakan baru #BijakBerplastik.

 

Danone-AQUA sebagai Pelopor Pengumpulan Sampah Plastik

Danone-AQUA sebagai merek warisan Indonesia yang ikonik dan milik masyarakat Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk melakukan tindakan nyata dan sekaligus menjadi kesempatan untuk mendorong perubahan dalam skala besar dengan melibatkan jutaan konsumennya.

Danone-AQUA telah menjadi pelopor dalam pengumpulan Sampah Plastik sejak tahun 1993, ketika mendanai program daur ulang pertamanya dengan Yayasan Dana Mitra Lingkungan. Sejak saat itulah, menurut Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) banyak program bersama Mitra yang berhasil mengumpulkan dan mengelola Sampah Plastik.

Saat ini, Danone-AQUA telah menyediakan 2/3 air yang diproduksi melalui galon yang digunakan kembali. Lebih dari setengah botol PET yang digunakan telah dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi botol baru, atau diolah dalam bentuk lain seperti tekstil. Danone-AQUA memutuskan untuk berinvestasi lebih besar dan melakukan upaya yang lebih serius, selain dengan komitmen yang telah ditetapkan, Danone-AQUA juga ingin memulai sebuah gerakan baru yaitu #BijakBerplastik yang melibatkan masyarakat Indonesia untuk berkontribusi membangun sebuah budaya baru, yaitu daur ulang dan kesadaran serta keterlibatan dalam menjaga lingkungan.

Danone-AQUA menyadari bahwa perubahan ini tidak dapat dilakukan sendiri. Danone-AQUA bangga bisa bekerjasama dengan banyak Mitra dan Asosiasi, termasuk H&M, Packaging Recycling Alliance for Indonesia Sustainable Environtment (PRAISE), ADUPI, Universitas, LSM dan Mitra kami yang paling strategis yaitu Pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga baru-baru ini telah mengembangkan rencana aksi nasional untuk mengontrol sampah plastik yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Agar gerakan #BijakBerplastik menjadi nyata bagi Indonesia, diperlukan kolaborasi antar industri dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan, untuk mencapai pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Dalam Acara ini juga hadir narasumber dari Pemerintah Indonesia yang diwakili dari Kementerian Lingkungan Hidup, dari Akademisi (Dosen ITB), perwakilan dari Danone-AQUA dan dari kalangan public figure yang peduli dengan Lingkungan, yaitu Nadine Chandrawinata.

20180605_160750

Indonesia menjadi salah satu negara terbesar dalam hal sampah plastik, bukan hal yang membanggakan menurut Nadine Chandrawinata, justru ini hal yang memalukan  dan perlu segera dilakukan penanggulangan untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia. Karena sampah plastik tidak hanya berbahaya bagi lingkungan tapi juga membahayakan makhluk hidup yang ada di Laut, kemudian ikan-ikan yang sudah tercemar dengan limbah sampah plastik dikonsumsi oleh kita Manusia sehingga dapat membahayakan kita juga.

Nadine menjelaskan bahwa untuk membentuk kesadaran masyarakat akan #BijakBerplastik harus dimulai dari diri sendiri. Nadine mencontohkan yang dilakukan di rumah adalah memisahkan sampah organik dan non organik dan membiasakan keponakan yang datang ke rumah untuk membereskan sisa makanan yang tertinggal agar mereka mengetahui berapa banyak sampah yang dihasilkan sehingga timbul kepedulian terhadap sampah.

” Jika bermimpi atau mempunyai cita-cita jangan tanggung-tanggung sekalian yang tinggi dan Mimpi Indonesia adalah bisa mendaur ulang sampah plastik  100% di tahun 2025″ ucap perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup. Menurut perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup, kesadaran #BijakBerplastik dan mendaur ulang sampah plastik harus dimulai dari diri sendiri dulu.

Setelah talkshow dengan narasumber dan pakar atau ahli di bidang Lingkungan, Danone-AQUA mengajak peserta yang hadir di acara tersebut untuk melihat mini Exhibition Danone-AQUA di Mal LOTTE Shopping Avenue, tentang sampah plastik dan proses daur ulang yang sudah dilakukan di Danone-AQUA.

Selain melihat pameran mengenai  sampah Plastik dan proses daur ulang, kita Peserta juga diperlihatkan sebuat mesin pintar tempat menaruh botol plastik untuk didaur ulang yang diberi nama “Smart Drop Box”.

Apa sih Smart Drop Box itu??? jadi Smart Drop Box ini adalah mesin untuk kita dapat menukarkan sampah kemasan plastik dengan saldo t-cash. Wooowww seriusan ada mesin sehebat ini??? ternyata beneran ada dan mesin ini rencananya akan diletakkan di gerai-gerai Alfamart Jakarta dan Tangerang (untuk saat ini).

Bagaimana cara bekerja Smart Drop Box ini?? Kita hanya perlu mendownload aplikasi My Smash di Google Play Android dan pilih Smart Drop Box. Jadi, untuk setiap kemasan plastik yang merupakan produk Danone bisa ditukarkan dengan saldo t-cash Rp. 60 yang akan ditambahkan ke saldo t-cash kita, sementara untuk setiap kemasan plastik Non Danone akan dihargai sebesar Rp. 50,- yang akan ditambahkan pada saldo t-cash kita. Whaa keren banget yah, hanya dengan menabung sampah kemasan plastik di Smart Drop Box ini, bisa sekaligus menambah saldo t-cash kita, melalui mesin ini masyarakat jadi semangat untuk mengumpulkan sampah plastiknya dan komitmen Danone-AQUA untuk mengumpulkan sampah plastik lebih banyak lagi akan terealisasi.

Selain pengetahuan seputar asal muasal sampah plastik dan proses daur ulang, Peserta juga bisa mengabadikan foto seolah-olah sebagai peselancar diatas ombak laut yang terbuat dari tumpukan botol-botol plastik.

Exhibition ini hanya berlangsung sampai tanggal 10 Juni 2018 di Mal Lotte Shopping Avenue. Dan di exhibition ini, kita juga bisa lihat berbagai bentuk produk yang dihasilkan dari proses daur ulang yang sudah dilakukan oleh Danone-AQUA, ada T-shirt, Bantal, Sarung tangan dan  lain-lain.
20180605_165821

Setelah menyaksikan secara dekat exhibition ini, peserta dipersilahkan untuk kembali ke ruangan Ballroom Hotel Raffles untuk bersiap-siap berbuka puasa. Dan acara pun sekaligus ditutup dengan santap makan malam.

Sekembalinya dari acara ini, saya jadi merasa tergerak untuk turut berkontribusi dalam gerakan #BijakBerplastik yang dimulai dari diri sendiri, di rumah dan di kantor. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh teman-teman yang lain untuk mulai #BijakBerplastik untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

 

 

Mengintip Kebijakan Perusahaan Danone Indonesia Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Menemukan Talenta-Talenta Muda Indonesia

Assalammualaikum wr.wb.

Sebagai ibu dari 2 orang anak yang juga bekerja, saya sudah merasakan berganti perusahaan tempat saya bekerja sebanyak 3 kali dari 15 tahun perjalanan karir saya. Dari berbagai tempat kerja tersebut setiap kantor atau perusahaan punya kebiasaan, budaya dan etos kerja nya masing-masing, dan masih sangat melekat budaya Indonesia yang senior akan lebih dihargai daripada yang muda-muda…dan karyawan wanita hanya dipandang sebelah mata dibandingkan karyawan pria, kesemua itu sudah saya alami. Sebagai karyawan, saya ga menuntut macam-macam hanya meminta kenyamanan bekerja saja, karena jika kita nyaman insya Allah kerja pun jadi semangat dan Perusahaan pastinya akn terbantu dengan semangat kerja dari karyawannya.

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Kantor Danone Indonesia yang terletak di Cyber 2 Kuningan bersama teman-teman Blogger dalam acara “Discovering Talent Management Danone Indonesia”. Selama ini cuma tahu Danone Indonesia ini ya dari produk-produknya terutama Aqua yang merupakan produk fenomenal dari Danone Indonesia tetapi tidak pernah mengetahui dimana letak Kantor Danone Indonesia. Alhamdulillah mendapat kesempatan main-main ke kantornya Danone Indonesia.

Di tulisan ini saya akan mengupas tentang Perusahaan Danone Indonesia mulai dari Kebijakan Perusahaannya, Fasilitas Perusahaan sampai ke Suasana tempat kerja Danone Indonesia yang beda dengan kantor-kantor pada umumnya. Penasaran kan??? Baca terus yah sampai habis 🙂 🙂

Acara dimulai pukul 11.00 WIB bertempat di Danone Academy di Lantai 9 Gedung Cyber 2 yang didahului dengan santap siang sebelum memulai acara.

Danone Academy

Makanan

Visi & Misi Danone Indonesia

Acara Discovering Talent Management dibuka oleh Bpk. Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia dan pemutaran video sekilas mengenai Danone Indonesia dan produk-produk dari Danone Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Danone Indonesia memiliki misi untuk berkomitmen membawa kesehatan melalui makanan, misi  ini dapat memberikan dampak positif  kepada sebanyak mungkin orang, dari segala usia,  lingkungan sosial dan budaya  yang berbeda, termasuk karyawan Danone Indonesia sehingga terwujud visi Perusahaan Danone Indonesia yaitu “One Planet One Health” dimana antara Kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan saling berkaitan.

Suasana event

Danone sudah berinvestasi di Indonesia sejak tahun 1998 dan akan terus melanjutkan investasinya di Indonesia. Sudah lebih dari 2 juta orang mendapatkan nafkah dari kegiatan Perusahaan Danone Indonesia dan Danone Indonesia telah memiliki lebih dari 15.500 Karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia serta memiliki 22 Pabrik, 2 mini pabrik serta 1,5 juta Outlet.

Kehadiran Danone Indonesia tidak hanya berinvestasi secara materi saja namun Danone Indonesia juga memiliki komitmen dan kepedulian terhadap Lingkungan di Indonesia. Sudah banyak program terkait kepedulian Lingkungan yang  diterapkan oleh Danone Indonesia seperti perbaikan sistem irigasi/pengairan di Indonesia, penanaman 2,5 juta pohon di Indonesia, program air bersih di desa-desa yang ada di Indonesia, Merapi Project dan lain-lain.

Tidak hanya kepedulian terhadap Lingkungan, tapi Danone Indonesia juga menaruh perhatian terhadap sosial kemasyarakatan. Danone Indonesia memiliki banyak program yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan kualitas dari masyarakat setempat seperti   misalnya Mendirikan Taman Pintar di Yogyakarta sebagai bagian dari program Sari Husada untuk mendukung tumbuh kembang dan pendidikan anak, kemudian ada Program Isi Piringku Campaign yang melatih anak-anak usia 4-6 tahun untuk menerapkan pola makan sehat serta Program Warung Anak Sehat.

 

Commitment To Youth

Danone Indonesia juga memiliki komitmen yang besar terhadap pengembangan bakat dan kualitas generasi muda Indonesia. Melalui programnya Danone Indonesia telah mengirim lebih dari 150.000 anak-anak Indonesia berpartisipasi dalam ajang Global U10-12 Soccer Competition.

Dan melalui Program Temukan Indonesiamu, Danone Indonesia mencari bakat-bakat generasi muda Indonesia dalam menciptakan design dari kemasan produk air mineral Aqua yang menjadi ciri khas dari kekayaan budaya Indonesia.

 

Commitment To Gender Equality

Sebagai informasi, Danone Indonesia sudah mempekerjakan lebih dari 2000 pekerja wanita atau sekitar 14% dari total pekerja Danone Indonesia.

Dan Danone Indonesia sangat memperhatikan kesetaraan Gender (wanita dan pria) untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkarier di perusahaan Danone Indonesia.

Dalam memenuhi komitmennya terhadap kesetaraan Gender, Danone Indonesia sudah memiliki Program dan kebijakan yang mendukung pekerja wanita bisa tetap nyaman bekerja di Perusahaan Danone Indonesia.

Kebijakan tersebut berupa : Cuti Melahirkan selama 6 (enam) bulan bagi pekerja wanita dimana kebijakan ini menjadikan Danone Indonesia sebagai satu-satunya Perusahaan yang merupakan pelopor cuti melahirkan melebihi dari standar Perusahaan-perusahaan lainnya di Indonesia, Tidak hanya itu Danone Indonesia juga menyediakan fasilitas yang menunjang pekerja wanitanya untuk lebih nyaman bekerja di perusahaan yaitu dengan menyediakan Lactation Room untuk Pekerja wanita yang ingin memompa Asi atau breast feeding, menyediakan Konseling selama kehamilan Pekerja wanitanya yang dilakukan oleh Ambassador, menyediakan DanCare yaitu  semacam Day Care yang disediakan khusus menjelang lebaran untuk tempat bermain dan menitipkan anak-anak pekerja yang Asisten Rumah Tangganya sedang pulang kampung, serta jam kerja yang felksibel yang kesemuanya itu benar-benar mendukung Pekerja wanita untuk merasa nyaman bekerja di Danone Indonesia. 

Oh ya mungkin tidak banyak yang tahu jika jajaran Board of Directors di Danone Indonesia ini 40% nya adalah wanita…wooowww di Danone Indonesia benar-benar posisi wanita disetarakan dengan pria dan diberi kesempatan yang sama dengan Pria, sementara di kebanyakan Perusahaan masih memandang sebelah mata terhadap pekerja wanitanya bahkan tidak pernah memberi kesempatan kepada pekerja wanita untuk berkembang dan menunjukkan kemampuannya.

Salah satu contohnya adalah Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA) sebagai seorang perempuan yang berhasil ada di jajaran Board of Directors mengatakan bahwa “Keberagaman merupakan bagian dari budaya Perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah  Presiden Direktur perempuan yang  sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya.” Corine juga menjelaskan bahwa kesuksesan karirnya tak lepas dari dukungan keluarganya yang tinggal di Bali, suami beserta keempat anak-anaknya. Jadi, Danone Indonesia merupakan Great Place to Grow bagi pria maupun wanita.

Corine

 

Talent Management Danone Indonesia

Pak Evan

Evan Indrawijaya selaku HR Director Danone ELN Indonesia menjelaskan bahwa Danone Indonesia sangat memperhatikan perkembangan dari karyawannya karena bagi mereka karyawan merupakan Asset dari Perusahaan dan untuk memastikan karyawannya agar dapat terus berkembang, Danone Indonesia memiliki inisiatif yang dilakukan sebagai bentuk talent management bagi karyawannya:

  1. Jaguar Program: Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer  untuk terlibat dalam proyek antar negara
  2. Endeavor Program: program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
  3. International Assignment: Secara regular Danone Indonesia mengirimkan karyawannya ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas.
  4. Talent assessment and development: Untuk memastikan bahwa talent yang dimiliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, Danone Indonesia melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster).
  5. Management Trainee: program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang.  Setiap tahunnya, Danone Indonesia merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik  dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda.

Gustavo Hildenbrand selaku General Manager Nutricia Sari Husada dan General Manager Integration Danone Indonesia menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun pelamar yang ingin melamar di Danone Indonesia terus bertambah dan bahkan untuk Program Management Trainee sudah ada lebih dari 40.000 pendaftar di tahun lalu.

Mr. Gustavo juga  menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Dan beliau berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.

 

Management Trainee (MT) Star Danone Indonesia

Management Trainee (MT) adalah salah satu program percepatan jalur karir, bagi para  fresh graduate terbaik dari berbagai Universitas di Indonesia. programfresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam  proyek-proyek menantang.

Di event ini pun dihadirkan talent-talent dari MT Star Batch 2014 dan 1 orang dari jalur profesional. Mbak Aci dan Mbak Jovita pun ikut berbagi pengalaman mereka selama direkrut dari jalur Management Trainee Batch 2014 sampai akhirnya mereka bisa sukses sekarang menduduki posisi Senior Brand Manager Nutricia (Mbak Aci) dan Supply Chain Network Optimization (Mbak Novita).

MT Star

Mbak Aci dan Mbak Jovita berbagi pengalaman bahwa walaupun mereka masih sangat muda saat itu, sekitar 22 tahun namun Danone Indonesia memberikan kesempatan dan kepercayaan pada mereka yang masih muda untuk menunjukkan kemampuan mereka memegang proyek penting, bahkan Mbak Jovita yang saat itu baru lulus dari Management Trainee sudah dipercaya memegang proyek jutaan dollar untuk pembangunan Pabrik dan pembelian mesin-mesin.

Jovita dan Aci juga menjelaskan bahwa di Danone Indonesia mereka diberi ruang untuk menyampaikan ide, gagasan, saran dan kritik secara terbuka dan atasan mereka selalu mendengarkan dan menerima setiap ide, saran dan kritik dari bawahan. Inilah yang membuat keduanya menjadi nyaman dalam bekerja dan merasa beruntung bisa bekerja di Danone Indonesia.

 

Office Tour Danone Indonesia

setelah mendengarkan paparan dan penjelasan dari jajaran Management Danone Indonesia, saya dan teman-teman Blogger diajak untuk Office Tour, mengelilingin kantor Danone Indonesia untuk melihat bagaimana suasana kerja dan lingkungan di kantor danone Indonesia.

kami pun dibagi menjadi 2 Tim yaitu Tim A dan Tim B, dimana masing-masing Tim dipimpin oleh Guide yang memiliki rute berbeda atau tidak berbarengan agar tidak terlalu crowded.

Saya masuk ke dalam Tim B, dan Tim B diajak mengunjungi pertama kali adalah Lobby Utama Danone Indonesia di Lantai 12. Di Lobby inilah tempat meeting point bagi Klien, tamu maupun Agent dari Danone Indonesia jika berkunjung ke kantor Danone. Lobby Utama ini sangat luas, di dalamnya juga ada berbagai ruang meeting untuk pertemuan, dan sofa-sofa untuk ruang tunggu tamu Danone Indonesia. Yang menarik dari Lobby ini, saya melihat ada kotak warna warni di bagian kiri belakang receptionist, yang ternyata ini adalah Drop Box, tempat dimana dokumen atau proposal pengajuan Dana untuk event dan dimasukkan dalam Box sesuai dengan unit bisnisnya. Jadi begitu simplenya kita tidak perlu harus mengantar sendiri dokumen ke nagian terkait, menunggu tandatangan dan sebagainya, cukup menaruh dokumen proposal di box ini dan setiap sorenya Dokumen ini akan disampaikan ke bagian Finance untuk diproses.

Drop Box

Kemudian kami pun diajak ke ruang Lactacy Room, dimana ruangan ini adalah tempat para karyawan wanita memompa Asi atau breast feeding. Di dalam ruangan ini ada 2 bilik tertutup untuk breast feeding, kemudian ada kulkas untuk menaruh Asi yang sudah dipompa dan ada tempat minum juga.

Selanjutnya kami diajak melihat ruangan kerja, kubical-kubical dan di setiap lorong kami menemukan tempat sampah yang terdiri dari 3 (tiga) tempat yang diperuntukkan bagi sampah Kertas, Sampah Plastik dan Sampah Umum, dan tempat sampah ini tidak disediakan di masing-masing kubical tapi hanya disediakan di beberapa tempat saja agar karyawan bisa bergerak menuju tempat sampah yang disediakan apabila hendak membuang sampah…yah hitung-hitung berolahraga sambil buang sampah 🙂

tong sampah

Dan terakhir, kami diajak ke ruangan super cozy dan nyaman yang diberi nama Dan Lounge, disini adalah tempatnya para karyawan Danone Indonesia untuk break sebentar dari pekerjaan dan sedikit santai karena disini disediakan Snack Corner, ada TV dan Play station dengan sofa nya yang super empuk, ada sofa-sofa untuk membaca buku, ada tempat duduk buat diskusi santai dan ada peralatan Band nya…kereeeenn banget!! Dijamin setelah dari sini pikiran jadi rileks dan semakin banyak ide-ide bermunculan 🙂 jadi makin semangat bekerja deh.

Setelah Office Tour, kami kembali ke ruangan semula. MbakDewi Suryani selaku Management Trainee and Employer Branding Manager Danone Indonesia menjelaskan sekilas tentang rekruitment Danone Indonesia. Danone Indonesia hanya membuka lowongan melalui websitenya yang dapat di akses di www. dancommunity.com atau dapat dilihat di media sosial Instagram Danone Indonesia yaitu @dancommunityid. Mbak Dewi juga mengingatkan kita jika ada info lowongan di luar website dan akun IG yang sudah disebutkan tadi maka sudah dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut bohong atau hoax. Menurut Mbak Dewi, sudah banyak info lowongan Hoax Danone Indonesia yang bermunculan dan menipu banyak korbannya, karena Danone Indonesia tidak pernah meminta uang atau biaya pengganti transportasi maupun akomodasi justru Danone Indonesia yang akan menanggung biaya transportasi maupun akomodasi para kandidat yang lolos seleksi.

Pemenang Best Post.jpg

Gimana setelah  melihat liputan saya di kantor Danone Indonesia?? apakah tertarik untuk melamar ke Danone Indonesia?? saya aja tertarik banget….kira-kira bakal ada buka lowongan untuk posisi saya gak yah di bidang Legal?? hihihihi…siapa tau bisa beruntung join disana :).

Terima kasih Danone Indonesia, atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengunjungi kantor Danone Indonesia 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mom Blogger Community Lahir sebagai Wadah untuk Berbagi & Berkarya para Mom Blogger

Assalammualaikum wr. Wb.

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 29 April 2018 bertempat di Restoran Ground Up Delicatessen Tebet, saya menghadiri acara Soft Launching Mom Blogger Community.

20180429_123854.jpg

Soft Launching Mom Blogger Community ini di sponsori oleh Azalea by Natur sebagai sponsor utama dan sederet sponsor lainnya. Acara pun dimulai dengan pembukaan dari MC kocak Frizo yang sukses banget membawakan acara dari awal sampai akhir yang mampu menggelitik para Mom Blogger yang hadir saat itu.

Setting table yang dominan warna hijau dan putih yang tertata di Reatoran Ground Up Delicatessen benar-benar membuat sejuk dan adem mata di tengah panasnya cuaca di luar sana.

Acara diawali dengan kehadiran Mbak Sarah, perwakilan dari Azalea by Natur dan Mbak Dewi perwakilan Mom Blogger Community. Awalnya saat saya menerima undangan untuk menghadiri acara Soft Launching ini, saya sama sekali gak mengetahui sedikit pun tentang produk Azalea. Sampai akhirnya setelah dijelaskan mbak sarah bahwa Azalea merupakan satu grup dengan Natur, disinilah saya baru mengerti karena saya sudah cukup mengenal produk Natur dan menggunakan produk Natur dari dahulu sampai sekarang.

Menurut Mbak Sarah, Azalea ini merupakan produk untuk rambut berhijab yang akan memberikan solusi dari semua problema yang dihadapi oleh rambut wanita berhijab. Azalea terbuat dari 90% bahan alami sehingga warna nya berwarna coklat karena dari tumbuh-tumbuhan dan Azalea ini tidak mengandung banyak zat kimia sehingga busa yang dihasilkan ketika menggunakan Azalea Shampoo sangan sedikit berbeda dengan shampoo lainnya yang banyak busanya.

Azalea juga bisa digunakan setiap hari tanpa membuat rambut kering dan rambut oun akan bebas lepek meskipun seharian penuh berhijab dan beraktivitas di luar rumah. Azalea tidak hanya mengeluarkan produk Shampoo tapi juga mengeluarkan Hair Hijab & Body Mist yang akan membuat rambut kita akan tetap wangi seharian meski berhijab. Jadi body mist ini tidak hanya bisa digunakan di badan saja tetapi juga bisa disemprotkan ke rambut…whaaa cocok banget ini buat saya yang bekerja seharian dan selalu menggunakan transportasi ojek online di keseharian saya.

Untuk perawatan rambut agar lebih komplit dan sempurna, kita bisa mengkombinasikan dengan produk Hair Tonic dan Natural Oil dari Natur.

Setelah penjelasan dari Mbak Sarah mengenai Azalea, sesi tanya jawab seputar rambut pun diajukan oleh banyak peserta yabg hadir saat itu. Banyak sekali pertanyaan jika membahas soal rambut namun karena keterbatasan waktu tidak semua bisa bertanya.

Dan saat yang ditunggu dari acara Soft Launching Mom Blogger Community pun tiba…2 orang wanita cantik selaku Founder Mom Blogger Community pun memberikan penjelasan dan pemaparan seputar Mom Blogger Community.

Mom Blogger Community terbentuk pertama kali oleh Mbak Sarah Amallia dan Mbak icha Faizah tanggal 06 Maret 2018, walaupun usianya masih terbilang muda hampir 2 bulan namun Mom Blogger Community ini sudah mengadakan event Blogger sebanyak 2 (dua) kali termasuk acara hari ini.

Kehadiran Mom Blogger Community menurut mbak Sarah Amallia bukan untuk menyaingi komunitas-komunitas blogger lainnya yang sudah lebih dulu ada. Namun kehadiran Mom Blogger Community ini sebagai wadah untuk berbagi dan berkarya diantara para Mom Blogger dalam komunitas ini. Sebagai wadah untuk saling belajar menulis blog, tempat silahturahmi sesama blogger.

 

 

Merawat Rambut Berhijab dengan Rangkaian Produk Azalea inspired by Natur

Assalammualaikum wr.wb.

Saya menggunakan Hijab sejak awal tahun 2009, atau sekitar hampir 10 tahun yang lalu sudah menggunakan Hijab. Dari mulai masih kaku menggunakan hijab sampai udh luwes banget menggunakan hijab…

Alhamdulillah bisa tetap istiqomah menggunakan Hijab sampai sekarang. Walaupun sudah menggunakan hijab bukan berarti tidak merawat rambut…rutinitas merawat rambut seperti creambath sering sekali saya lakukan tapi semenjak sudah menikah dan langsung mengandung sampai melahirka  anak pertama, saya jadi jarang sekali melakukan perawatan rambut ke salon…

Sejak melahirkan anak pertama, menyusui…rambut saya super rontok. Kalau pas mandi selaku meninggalkan segenggaman tangan rambut yg rontok di lantai kamar mandi. Hal ini terus berlangsung sanpai saya punya anak kedua di tahun 2015 . Berbagai merk shampoo dan aneka produk perawatan rambut saya coba namun belum ada yang bisa memberikan solusi kerontokan rambut saya.

Karena hampir bertahun-tahun tidak pernah ke salon untuk perawatan rambut setelah melahirkan anak pertama sampai sekarang, rambut saya pun panjang sampai ke pinggang karena tidak pernah dipotong dan rambut yang terlalu panjang inilah yang mengakibatkan kerontokan rambut saya makin parah.

Sampai akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salon perawatan rambut wanita di derah Kemang sekitar akhir April 2018, saya pun melakukan creambath sekaligus memotong pendek rambut saya yabg sudah hampir 5 tahun tidak dipotong…yang saya rasakan saat rambut dipotong pendek adalah berasa lega, plong dan enteng bgt.

Setelah memotong pendek rambut saya, saya pun rutin menggunakan Shampoo dari Azalea by Nature yang saya dapatkan dari event Soft Launching Mom Blogger Community tanggal 29 April 2018 lalu. 20180429_101155

Tadinya saya tidak mengetahui jika ada Produk Shampoo untuk rambut berhijab dari Azalea by Natur. Setelah menghadiri Soft Launching Mom Blogger Community inilah saya mengetahui tentang Azalea untuk pertama kali dan baru tahu juga kalau ternyata Azalea ini merupakan satu grup dengan Brand Natur yang lebih dahulu terkenal.

20180429_103427.jpg

Dahulu sebelum saya mengenal Azalea Shampoo, saya mencuci rambut 2 kali sehari agar rambut tidak kering. Namun setelah menggunakan produk Azalea, saya pun mencuci rambut saya setiap hari karena menurut perwakilan dari Azalea Shampoo saat itu dijelaskan bahwa Shampoo Azalea aman jika digunakan setiap hari karena 90 persen menggunakan bahan-bahan alamiah.

Pertama kali menggunakan shampoo Azalea yang saya rasakan kulit kepala saya menjadi adem dan tidak lepek sama sekali meskipun saya menggunakan hijab hampir seharian. Dan yang bikin surprise meskipun digunakan setiap hari tapi tidak membuat rambut saya menjadi kering.

Saya juga mengkombinasikan dengan Hair Tonic Ginseng dari Natur yang saya gunakan setelah keramas dengan Shampoo Azalea. Setelah rambut kering sebelum menggunakan hijab, saya juga menggunakan Natural Oil dari Natur untuk melindungi rambut saya selama beraktivitas diluar rumah dan tidak ketinggalan saya juga menggunakan Azalea Hair Hijab &  Body Mist yang saya semprotkan ke rambut agar rambut tidak bau.

1525793229176698916215.jpg

Hasil saya menggunakan Shampoo Azalea dikombinasikan dengan Hair Tonic Natur, Natural Oil Nature dan Hair Hijab & Body Mist selama hampir 2 minggu ini…sedikit demi sedikit kerontokan rambut saya berkurang sangat signifikan, rambut juga bebas lepek dan tetap wangi sekalipun beraktivitas di luar rumah seharian dan menggunakan transportasi ojek online di keseharian saya.

Akhirnya saya pun menemukan solusi atas problema kerontokan rambut saya setelah bertahun-tahun gonta ganti shampoo..dan kini Azalea Shampoo beserta produk Natur dan Azalea Hair Hiab mist menjadi solusi kerontokan rambut saya..Thanks Azalea dan Natur 😁😁.

 

Bebas Berkespresi dengan Lip Paint Zoya Cosmetics yang Halal.

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ini perdana saya menulis sebuah review produk kosmetik. Karena pada dasarnya emang aslinya saya gak terlalu suka dandan…dan pake lipstik atau lipen pun bisa dihitung dengan jari frekuensinya. Tapi kenapa berani-beraninya nyobain review Lip Paint dari Zoya Cosmetics.

Lho…ini Zoya yang brand hijab itu?? Emang Zoya ngeluarin produk cosmetics?? Ini pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak dan pikiran saya pertama kali denger Zoya Cosmetics. Maklum emang ga hobby dandan juga..jadinya ga pernah update sama brand-brand cosmetics Lokal maupun internasional.

Yup benar banget…Zoya yang saya kenal sebagai brand Hijab ternyata memang mengeluarkan produk cosmetics. Saya mengetahui hal ini dari workshop yang saya hadiri beberapa waktu lalu bersama Komunitas ISB dan C2Live. Dan saya makin penasaran ketika mengetahui tentang Zoya Cosmetics dan memberanikan diri untuk mencoba produk Lip paint dari Zoya.

Di awal saya sempat bilang bahwa saya bukan tipikal cewek yang suka dandan bahkan menggunakan lipstik atau lipen bisa dihitung dengan jari. Kenapa ga suka pake lipen? Karena bibit saya tipikal bibir yang mudah banget kering. Kalau menggunakan lipstik atau lipen biasanya hasilnya di bibir saya keliatan retak-retak dan bibir jadi malah gampang kering kalau menggunakan lipstik sehingga saya pun lebih sering menggunakan lip balm dibandingkan lipstik atau lipen.

Ketika saya menerima Lip Paint dari Zoya Cosmetics, saya pun mencoba di bibir dan hasilnyaa…tadaaaa…ajaib…hanya dalam hitungan detik lip paint langsung merata dan cepat kering. Warnanya juga velvety matte banget dan bagus di bibir. Retak-retak yang biasanya selalu ada setiap saya pakai lipstik atau lipen biasa tidak terjadi sewaktu saya mengoleskan lip paint Zoya di bibir.

20180224_160327

Bahkan bibir saya yang biasanya jadi kering setelah menggunakan lip paint ini langsung berasa lembab banget karena ternyata Lip Paint Zoya ini mengandung shea butter yang berfungsi sebagai natural moisturizer yang melembabkan bibir. Dan produk ini long lasting banget lhoo…bisa tahan sampai 12 jam..wooowww dan yang bikin saya lebih senang lagi karena produk Zoya Cosmetics menggunakan bahan-bahan natural yang aman banget buat kulit dan dijamin Halal pastinya, jadi makin bikin saya jatuh cinta nih.

20180224_155530

Sekarang saya bakalan sering menggunakan lip paint zoya ini dan selamat tinggal bibir kering. Dengan zoya lip paint ga ada alasan lagi buat saya untuk minder atau membatasi ruang berekspresi saya karena bibir kering atau lipstik terlihat retak-retak di bibir karena dengan zoya lip paint bibir saya terlihat lembab, no more cracky, dan lipstik terlihat merata dan menyatu dengan bibir.

Lalu bagaimana dengan harganya?? Harganya worth it dan ga akan bikin dompet jebol atau kantong bolong deh sebanding dengan kualitasnya, saya lihat di website zoya cosmetik http://www.zoyacosmetics.com atau instagram nya @zoyacosmetics harga untuk 1 lip paint limited edition ini hanya sekitar Rp. 120.000 aja bisa pesan online. Oh ya warna lip paint Zoya yang saya gunakan di atas adalah warna Elizabeth, merahnya bagus tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap jadi terlihat bagus dan natural di bibir.

Buruan deh yang mau bebas berkekspresi dan pede dengan lipen/lipstik coba deh nyobain Lip Paint Zoya ini. Dijamin bakal ketagihan seperti saya 😁😁